RSS

Rangkuman Perencanaan Pemasaran

07 Apr

Perencanaan Pemasaran

Setiap perusahaan dalam menjalankan aktivitas usahanya selalu menyusuan rencana kegiatan yang akan dilakukannya dalam rangka pencapaian tujuan usaha yang diharapkannya. Dalam hal ini sering ditemui adanya rencana produksi, rencana keuangan dan rencana pemasaran. Dan rencana tersebut disusun oleh perusahaan / organisasi secara menyeluruh baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Pengertian dan Peranan

     

Pemasaran dalam hal ini adalah kegiatan yang langsung berkaitan dengan mengalirnya barang atau jasa dari produsen ke konsumen dalam rangka memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Sedangkan rencana pemasaran merupakan perumusan usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran dengan menggunakan sumber daya yang ada dalam suatu perusahaan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu dibidang pemasaran.

 

Perencanaan pemasaran suatu perusahaan dapat memberi manfaat bagi :

  • Usaha untuk mendorong cara berfikir jauh kedepan
  • Usaha mengkoordinasi kegiatan pemasaran secara lebih baik
  • Usaha mengawasi kegiatan pemasaran yang telah dilakukan yang didasarkan atas standart prestasi kerja yang ditetapkan dalam rencana.
  • Perumusan tentang tujuan yang ingin dicapai dan kebijakan operasional yang dapat dilakukan secara lebih mantap
  • Usaha untuk menggairahkan partisipasi dan mempertebal rasa tanggungjawab para pelaksana.

     

  1. Macam-macam Perencanaan Pemasaran

     

    1. Perencanaan Pasar Yang Strategis

      Dimana perencanaan ini berkaitan dengan perencanaan usaha perusahaan, ke arah mana usaha perusahaan akan dikembangkan. Yang perlu dikaji adalah langganan, pesaing, trend lingkungan, ciri pasar yang ada dan ciri perusahaan.

    2. Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan

Perencanaan ini merupakan suatu perencanaan jangka panjang yang bersifat menyeluruh dan strategis yang merumuskan berbagai strategis dan program pokok di bidang pemasaran perusahaan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Yang dilakukan dalam perencanaan ini adalah: analisa sumber daya dan lingkungan perusahaan, analisa situasi yang mencakup analisa pasar, pengukuran pasar dan analisa produktivitas dan rentabilitas, penetapan strategi perusahaan.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 7, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: