MATERI ERD, LRS, DAN RELASI (RESUME)

Posted: April 30, 2012 in Uncategorized

Nama    : Siti Fidyatul H. Agoan

Nim    : 2111310054

 

Basis data Relasional adalah kumpulan dari relasi-relasi yang mengandung seluruh informasi berkenaan suatu entitas/objek yang akan disimpan di dalam database. Tiap relasi disimpan sebagai sebuah file tersendiri. Perancangan basis data merupakan suatu kegiatan yang setidaknya bertujuan sebagai berikut:

• Menghilangkanredundansi data

• Meminimumkanjumlahrelasi di dalam basis data

• Membuat relasi berada dalam bentuk normal, sehingga dapat meminimumkan permasalahan berkenaan dengan penambahan, pembaharuan dan penghapusan.


ERD (Entitas Relation Diagram)

ERD adalah suatu pemodelan dari basis data relasional yang didasarkan atas persepsi di dalam dunia nyata, dunia ini senantiasa terdiri dari sekumpulan objek yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Suatu objek disebut entity dan hubungan yang dimilikinya disebut relationship. Suatu entity bersifat unik dan memiliki atribut sebagai pembeda dengan entity lainnya. Contoh : entity Mahasiswa, mempunyai atribut nama, umur, alamat, dannim. Diagram E-R terdiri dari:

• Kotak persegi panjang, menggambarkan himpunan entitas

• Elip, menggambarkan atribut-atribut entitas

• Diamon, menggambarkan hubungan antara himpunan entitas

• Garis, yang menghubungkan antar objek dalam diagram E-R

E-R Diagram merupakan suatu bahasa pemodelan yang dimana posisinya dapat dianalogikan dengan stroy board dalam industri film, blu print arsitektur suatu bangunan, miniatur, dan lain-lain. Dalam praktiknya, membangun suatu system terlebih dahulu dilakukannya suatu perencaan. Pemodelan merupakan suatu sub bagian dari perencanaan secara keseluruhan sebagai salah satu upaya feedback evaluasi perampungan suatu perencanaan.

E-R Diagram sebagai suatu pemodelan setidaknya memiliki beberapa karakteristik dan manfaat sebagai berikut:

• Memudahkan untuk dilakukannya analisis dan perubahan system sejak dini, bersifat murah dan cepat.

• Memberikan gambaran umum akan system yang akan di buat sehingga memudahkan developer.

• Menghasilkan dokumentasi yang baik untuk client sebagai bahan diskusi dengan bentuk E-R Diagram itu sendiri

• Kamus data bagi para pengembang database.

Strukturdari E-R Diagram secara umum ialah terdiri dari:

• Entitas merupakan objek utama yang informasiakan disimpan, biasanya berupa kata benda, ex; Mahasiswa, Dosen, Nasabah, Mata Kuliah, Ruangan, dan lain-lain. Objek dapat berupa benda nyata maupun abstrak.

• Atribut merupakan deskripsi dari objek yang bersangkutan.

• Relationship merupakan suatu hubungan yang terjalin antara dua entitas yang ada.


Di bawah ini adalah sebuah contoh ERD :


Keterangan :

• Nomor Account dan sisa uang merupakan suatu atribut yang mendeskripsikan entitas account.

• Nasabah sebagai entitas dideskripsikan oleh atribut nama dan alamat.

• Account dan nasabah sebagai entitas memiliki relasi yang dihubungkan oleh cust_acc yang memiliki atribut tanggal transaksi suatu nasabah terhadap accountnya.

Kardinalitas Relasi ERD yang mempersentasikan suatu basis data relasional senantiasa memiliki relasi-relasi dari sejumlah entitas yang dapat ditentukan banyaknya. Banyaknya suatu relasi yang dimiliki oleh suatu relasi entitas disebut derajat relasi. Derjat relasi maksimum disebut dengan kardinalitas sedangkan derajad minimum disebut dengan modalitas. Kardinalitas yang terjadi diantara dua himpunan entitas (misal A dan B) dapat berupa:

• One to One, satu record dipetakan dengan satu record di entitas lain. Contoh: satu nasabah punya satu account.


• One to Many, Satu record dapat dipetakan menjadi beberapa record di entitas lain. Contoh: satu nasabah dapat punya lebih dari satu account.


• Many to Many, Beberapa record dapat dipetakan menjadi beberapa record di entitas lain. Contoh: satu nasabah dapat memiliki lebih dari satu account. Satu account dapat dimiliki lebih dari satu nasabah (join account).


 

LRS (Leutika Reading Society)

LRS (Leutika Reading Society) awalnya adalah program CSR (Corporate Social Responsibilities) dari Leutika, sebuah penerbit buku di Yogyakarta. Sejak berdiri penerbit ini memang focus mengembangkan basis komunitas online dalam berbagai aktivitasnya. Dan hasilnya terlihat dari tingkat partisipasi yang tinggi dari komunitas.

Tujuan membentuk LRS adalah meningkatkan atensi masyarakat terhadap aktivitas membaca dan diharapkan berlanjut keaktivitas menulis. Dengan berkembangnya bentuk media, maka menulis di media internet adalah cara yang mudah, murah dan sangat cepat diakses pembaca untuk berbagi pemikiran, berita atau konten bermanfaat lainnya.

Saat ini LRS sudah ada di lebih dari 20 kota se-Indonesia, dengan anggota mulai dari 5 hingga 50 orang di tiap chapter (istilah untuk cabang LRS) dan dikoordinir 1 orang yang bekerja sukarela. Potensi yang jelas terbaca dari komunitas LRS ini adalah:

1) Jangkauan wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia, mewakili unsure lokalitas.

2) Anggota komunitas adalah para penikmat buku/pembaca media dan pecinta dunia menulis.

3) Pemahaman akan lokalitas (dengan aktivitas membaca dari berbagai media atau mengalami langsung) dan kemampuan dalam menulis akan menjadi kekuatan besar agar konten media internet secara keseluruhan akan menjadi beragam dan kaya warna.

Masalah yang ingin diatasi:

Keterbatasan sumber daya dan sumber dana membuat potensi LRS belum tergali maksimal. LRS di tiap chapter belum mendapat dukungan untuk bisa mengakses internet dengan mudah. Yang sudah dilakukan adalah mengirimkan buku-buku gratis untuk dibaca kemudian berbagi tentang isi buku lewat facebook atau blog. Berbagai bentuk kegiatan lanjutan seperti pelatihan kepenulisan, jurnalistik, penulisan buku tentang budaya setempat dan sebagainya masih menjadi agenda yang belum terlaksana. Penyebaran LRS harusnya bisa lebih merata jika para coordinator mendapat insentif dan dukungan yang cukup sehingga banyak yang bersedia bergabung.

RELASI

 

Merupakan hubungan yang terjadi pada suatu tabel dengan tabel yang lainnya, yang berfungsi untuk mengatur operasi suatu database. Hubungan yang dapat dibentuk dapat mencakupi 3 (tiga) macam hubungan yaitu ;

a. One-To-One (1 – 1)

Mempunyai pengertian “Setiap baris data pada tabel pertama dihubungkan hanya ke satu baris data pada tabel ke dua”.

b. One-To-Many (1 – )

Mempunyai pengertian “Setiap baris data dari tabel pertama dapat dihubungkan ke satu baris atau lebih data pada tabel ke dua “.

c.Many-To-Many ( – )

Mempunyai pengertian “Satu baris atau lebih data pada tabel pertama bisa dihubungkan ke satu atau lebih baris data pada tabel ke dua “.

Model Relasional atau Physical Data Model (PDM) : model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data-data tersebut. Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom di mana setiap kolom memiliki nama yang unik. RelasionalMenggunakan model berupa tabel berdimensi dua (yang disebut relasi atau tabel),Memakai kunci tamu (foreign key) sebagai penghubung dengan tabel lain.

contoh Relasi :


 


 

Komentar
  1. kelompok 10 mengatakan:

    Pengen tau dong definisi LRS dari buku apa ya? lagi butuh buat Tugas Akhir nih.

  2. nio mengatakan:

    nxmnzn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s